Anda Harus Ketahui Beberapa Cara Mencegah Stroke Berikut Ini!

Mascandev.Com - Stroke merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan dunia. Hal ini karena stroke menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Untuk itu diperlukan berbagai penanganan sedari dini agar kita terhindar dari penyakit ini. Berikut beberapa cara mencegah stroke yang bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari.



Foto: Google Images

1. Menghindari Rokok
Rokok sudah menjadi hal yang sangat familiar di Indonesia. Merokok bahkan merupakan kebiasaan yang melekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa merokok dapat meningkatkan risiko mengidap penyakit stroke? Hal ini karena dalam sebatang rokok terdapat berbagai zat berbahaya untuk Anda maupun lingkungan lingkungan sekitar.
Akibat dari merokok bisa terjadi mengingat dalam asap rokok mengandung 5000 lebih senyawa yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Kandungan racun tersebut merusak sel-sel dalam tubuh dan juga bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Kebanyakan dari zat-zat tersebut berasal dari bahan utama rokok yakni tembakau.
Salah satu zat dalam asap rokok yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit penyakit stroke adalah nikotin. Selain efeknya yang membuat candu, nikotin dapat masuk ke peredaran darah manusia. Hal ini juga akan meningkatkan hormon adrenalin sehingga menyebabkan peningkatan kinerja jantung yang jika ada gumpalan dalam darah akan menyebabkan stroke.

2. Memperhatikan Jenis Makanan
Makanan merupakan faktor penting yang menyebabkan datangnya beberapa penyakit. Selain menjaga pola makan lebih teratur, keseimbangan gizi di dalam makanan perlu untuk diperhatikan oleh tiap-tiap individu. Selain itu, dalam melahap makanan, tidak boleh terlalu berlebihan agar menjaga keseimbangan senyawa yang masuk dalam tubuh.
Memperhatikan Kolestrol dalam Tubuh
Penyakit stroke banyak dilatarbelakangi oleh kandungan kolesterol berlebih yang mengendap dalam tubuh. Selain stroke kolesterol pun dapat menyebabkan orang terkena beberapa penyakit lain yang tak kalah membahayakan kesehatan dan beberapa organ penting. Apalagi bila tubuh terkena penyakit obesitas dan diabetes yang akan meningkatkan risikonya.
Mengingat akan hal tersebut, perlu diperhatikan upaya mencegah kemungkinan stroke dengan menyesuaikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Minimal yang masuk sama dengan yang dikeluarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas yang dapat membakar kalori berlebih dalam tubuh. Membiasakan rutinitas yang sehat sangat mungkin menjadi alternatifnya.

Baca Juga : Penyebab Stroke Ringan Yang Harus Kamu Waspadai.

3. Olahraga Teratur
Olahraga menjadi alternatif yang murah, sehat, efektif, dan bisa dilakukan dimana saja sebagai salah satu cara mencegah stroke. Saat bekerja misalnya, Anda bisa melakukan peregangan-peregangan ringan sebelum melakukan berbagai aktivitas. Dengan menjaga pola aktivitas akan dapat membakar beberapa kalori dalam tubuh juga menjaga vitalitas tubuh tetap optimal.
Melakukan olahraga dalam intensitas sedang dapat secara langsung menurunkan risiko terkena penyakit stroke. Hal ini karena olahraga berkontribusi dalam menurunkan berat badan dan tekanan darah. Berjalan mengitari lingkungan tempat tinggal kurang lebih 10 sampai 15 menit sehari dapat menjadi pilihan yang cukup baik untuk Anda.

4. Mengendalikan tingkat stres
Stres menjadi faktor penyebab meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Sedikit melakukan olah batin seperti yoga dan meditasi dirasa perlu untuk dilakukan bila mengingat perlunya menenangkan diri. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat hati dan pikiran lebih rileks sehingga dapat menstabilkan tekanan darah sekaligus sebagai pencegahan penyakit stroke.
Beberapa cara mencegah stroke di atas bisa Anda terapkan mengingat stroke dapat menjangkiti siapapun di dunia ini. Pada dasarnya hal sederhana yang sangat penting diperhatikan adalah tetap menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Termasuk juga dengan menjaga kebugaran tubuh setiap saat. 

0 Response to "Anda Harus Ketahui Beberapa Cara Mencegah Stroke Berikut Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel