Beberapa Rekomendasi Terapi Stroke Ringan Ini Bisa Di Coba

Beberapa Rekomendasi Terapi Stroke Ringan Ini Bisa Di Coba  - Stroke ringan terjadi ketika plak atau darah yang beku pada pembuluh arteri menghambat pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Kondisi ini menyebabkan darah ke otak menjadi tersumbat. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini adalah dengan melakukan terapi stroke ringan secara rutin. 


Dalam hal ini, ada banyak terapi yang bisa Anda jalankan. Mulai dari menyentuh sisi priskologis pasien, hingga beberapa aspek lain. Jika Anda atau keluarga sedang memiliki masalah dengan stroke ringan, tentu sangat penting mengenal beberapa terapi yang mungkin dilakukan tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan di bawah ini. 


1. Terapi Psikologis
Psikologis seseorang tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisiknya. Dalam hal ini, Terapi tersebut bisa mendukung kesehatan pasien. Untuk pelaksaannya, terapi dapat dilakukan oleh anggota keluarga sendiri atau bisa juga dengan bantuan dari tenaga profesional. Terapi psikologis bertujuan untuk memberikan semangat kepada pengidap stroke untuk sembuh seperti sedia kala.

Salah satu yang menyebabkan terapi ini kian penting adalah, mengingat bahwa penderita stroke banyak yang mengalami depresi cukup berat. Apalagi mengingat stroke dan gejalanya selalu terjadi secara mendadak. Dengan bantuan terapi psikologis, maka depresi berat yang mungkin dialami bisa diatasi. Tentu ini akan sangat mendukung proses penyembuhan penderita. 

2. Akupuntur
Terapi stroke ringan selanjutnya ialah terapi akupuntur. Akupuntur akan terfokus pada perawatan bagian titik pusat syaraf. Biasanya akan dilakukan pada telapak kaki dengan tujuan menemukan penyakit yang bersarang. Proses terapi akupuntur pada aplikasinya akan mengguanakan tusuk jarum selama beberapa menit. Tujuan lainnya adalah memperlancar peredaran serta menurunkan tekanan darah. 


Lancarnya peredaran darah, tentu  akan mendukung pengobatan stroke hingga pasien sembuh. Dengan kelancaran peredaran darah, maka suplay darah ke otak pun semakin bagus. Belum lagi fungsinya yang bisa menurunkan tekanan darah membuatnya semakin recommended lagi. 

3. Fisioterapi
Fisioterapi merupakan terapi untuk mengobati kelainan otot pada manusia yang sering terjadi pada pengidap penyakit ini. Fisioterapi menggunakan metode yang sangat sederhana dengan pengobatan fisik menggunakan exercise (pelatihan), massage (pemijatan), dan modilitas alat (penggunaan alat bantu untuk berjalan).

Melihat beberapa metode di atas, proses terapi ini bisa dilakukan penderita baik di rumah sakit atau di rumah. Jika ingin mendukung pengobatan yang lebih cepat, melakukannya di rumah lebih sering sangat disarankan. Namun, akan lebih baik jika terapi juga dilakukan di bawah pengawasan medis dari dokter yang menangani pasien.  

4. Terapi Stem Cell atau Sel Punca
Terapi untuk stroke ringan ini dilakukan dengan membuat sumber sel baru, di mana nantinya sel tersebut bisa memperbanyak diri dan menjadi sel utama dalam tubuh pengidap stroke. Bagi penderita stroke ringan, bisa dikatakan bahwa ini adalah terapi yang paling aman. Maka dari itu, terapi ini sungguh sangat disarankan untuk Anda yang mengidap penyakit stroke ringan.


5. Terapi Kognitif
Terapi yang terakhir ialah terapi kognitif. Terapi stroke secara kognitif ini adalah upaya untuk mengasah kemampuan otak dalam mengolah informasi yang masuk. Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk jenis terapi kognitif, salah satunya ialah dengan melakukan komunikasi lisan dengan pengidap stroke yang mengalami kehilangan daya bicara.
Itulah rekomendasi terapi stroke ringan yang bisa Anda coba. Namun, sebelum itu Anda harus mengenali gejala stroke ringan terlebih dahulu. Dengan mengenali gejala stroke ringan, Anda dapat mengetahui dan langsung mengambil langkah selanjutnya untuk melakukan tindakan pengobatan. Hal ini sekaligus menghindari kesalahan penanganan pada penderita. 

0 Response to "Beberapa Rekomendasi Terapi Stroke Ringan Ini Bisa Di Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel