Daftar Gejala Stroke Berikut Harus Anda Kenali Sejak Dini

Daftar Gejala Stroke Berikut Harus Anda Kenali Sejak Dini - Stroke merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak mulai terganggu atau juga berkurang sehingga jaringan oksigen dan nutrisi tidak dapat tercukupi. Dan dalam beberapa menit sel-sel otak bisa mulai mati. Untuk itu stroke memerlukan perawatan lebih cepat. Sejak dini, ada baiknya Anda mengetahui gejala stroke yang kapan saja bisa menyerang.


Stroke dikenal menyerang secara tiba-tiba, sehingga perlu buat orang awam untuk mengenali gejala-gejala yang umum untuk penyakit stroke. Selain antisipasi, hal ini juga bertujuan agar saat gejala ini tiba, perawatan pertama sebaik mungkin bisa didapatkan da penyembuhan stroke pun bisa berjalan secara lebih mudah. Adapun daftar gejala dari penyakit stroke tersebut sebagai berikut:


1 Kesulitan Berbicara dan Memahami Ucapan Orang
Sulit berbicara dan memahami percakapan merupakan salah satu gejala yang paling umum. Jika mengalami seperti ini, sebaiknya lakukan penanganan dengan cepat sebelum terlalu parah. Meski sudah umum diketahui, biasanya tidak banyak yang secara cepat meresponnya dan akhirnya menunggu stroke kian parah. Padahal dengan penanganan yang cepat, kesempatan sembuh juga lebih besar. 

Lebih detail lagi membahas tentang kesulitan berbicara sebagai gejala stroke, sebenarnya ini adalah gejala yang paling awal. Biasanya, mereka yang menderita kesulitan berbicara akan tampak benar-benar tidak bisa apa-apa setelah beberapa lama. Melihat hal ini, tentu tidak heran jika gejala tersebut banyak disepelekan.  

2. Kelumpuhan Atau Mati Rasa pada Wajah, Lengan dan Kaki
Jika terlihat mengalami gejala seperti mati rasa pada lengan, wajah dan kaki atau terkadang merasakan mati rasa pada salah satunya, ini juga merupakan salah satu gejala yang harus diwaspadai. Coba cek dengan cara angkat kedua tangan ke atas kepala. Jika salah satu lengan terjatuh ada kemungkinan ini adalah gejala penyakit stroke. 


3. Kesulitan Melihat di Salah Satu Mata Atau Keduanya
Jika mengalami kesulitan melihat dengan satu mata atau keduanya, sebaiknya cepat anda periksakan ke dokter. Apalagi jika menemui kondisi di mana tiba-tiba pandangan mengabur atau menghitam, cepatlah cari pertolongan pertama pada orang-orang terdekat untuk dibantu mendapatkan perawatan medis dan diagnosa yang tepat dari dokter. Saat gejala datang tanpa diundang seperti ini, respon yang cepat sangatlah diperlukan. 

4. Sakit Kepala
Menderita sakit kepala secara tiba-tiba terutama serangan sakit yang sangat parah merupakan salah satu gejala stroke. Sakit kepala ini biasanya disertai dengan muntah-muntah, pusing dan tidak sadar. Jika mengalami gejala tersebut, berarti ada indikasi penderita terserang penyakit stroke sehingga juga memerlukan penanganan sesegera mungkin.

5. Sulit Berjalan
Jika terasa sulit berjalan, tersandung atau pusing mendadak, dan kehilangan keseimbangan, hal-hal tersebut juga patut diwaspadai karena merupakan salah satu gejala yang mengindikasikan terserang stroke. 


Meski sebenarnya begitu penting, jelas sekali bahwa ada banyak pihak yang sering menyepelekannya. Padahal sudah banyak orang memahami bahwa keseimbangan yang hilang sangat identik dengan stroke Karena itulah mulai sekarang Anda perlu lebih berhati-hati. Tingkat kehati-hatian tersebut bisa menurunkan risiko dampak penyakit terlalu parah.

Beberapa poin di atas merupakan gejala stroke yang umum namun kadang tidak diwaspadai oleh para penderita. Gejala lainnya untuk penyakit stroke misalnya seperti kebingungan, hilang ingatan, adanya perubahan prilaku, otot yang kaku, sulit menelan, atau gerakan mata yang bergerak tanpa disengaja. Untuk gejala sendiri sebenarnya ada dua yaitu gejala ringan dan gejala berat yang lebih parah. 

0 Response to "Daftar Gejala Stroke Berikut Harus Anda Kenali Sejak Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel