Hindari Pantangan Makanan Penderita Stroke Ringan Di Bawah Ini!

Hindari Pantangan Makanan Penderita Stroke Ringan Di Bawah Ini! - Saat penderita terkena stroke ringan, jangan sampai dianggap enteng. Dalam hal ini pola makan harus diperhatikan sebaik mungkin karena salah mengkonsumsi makanan justru malah memperparah keadaan. Untuk itu, pantangan makanan penderita stroke ringan perlu diketahui untuk berjaga-jaga.


Asupan makanan bergizi dibutuhkan bagi penderita stroke, jadi sebaiknya pilihlah makanan-makanan tertentu yang baik untuk dikonsumsi. Tetaplah sabar agar bisa cepat melewati serangan stroke ringan sebelum menjadi lebih parah lagi. Berikut daftar makanan yang tidak boleh dimakan bagi penderita stroke ringan.


1. Makanan Instan
Jenis makanan instan sangat perlu dihindari dulu oleh penderita stroke ringan. Kandungan yang terkandung dalam makanan Instan adalah bahan pengawet yang juga sering dijadikan sebagai bahan pewarna. Bahan-bahan tersebut sering digunakan untuk mengawetkan daging olahan, mie instan,sosis, kentang dan makanan lainnya.

Tak salah jika makanan-makanan instan menjadi salah satu pantangan makanan penderita stroke ringan yang harus diperhatikan. Terutama sajian makanan yang ada sekarang hampir semuanya dibuat serba praktis. Masakan rumah yang dimasak sendiri tentunya akan lebih membantu.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Gula Secara Berlebihan
Batasi konsumsi gula dengan maksimal 4 sendok per hari. Membatasi makanan yang mengandung gula juga sangat dianjurkan untuk penderita stroke ringan. Dengan mengkonsumsi gula terlalu berlebihan dapat menyebabkan diabetes dan juga merusak pembuluh darah yang bisa memicu stroke. Cobalah cari makanan lain yang mengandung kadar gula yang rendah. 


3. Jangan Konsumsi Makanan Tinggi Natrium
Jangan sekali-kali mencoba makanan yang mengandung natrium tinggi saat sedang mengalami gejala stroke ringan. Siasati makanan yang dikonsumsi seperti mengurangi kadar natrium dan garam di tiap masakan. Maksimal konsumsi garam per hari adalah 1 sendok teh. Jika berlebihan akan menyebabkan hipertensi yang nantinya potensi menyerang penderita dan berpotensi menyebabkan stroke semakin parah. 

4. Makanan Dengan Kandungan Lemak Jahat
Penderita Stroke ringan harus menghindar dulu makanan yang mengandung lemak jahat. Salah satu lemak jahat adalah lemak jenuh yang dapat menyebabkan kolestrol tinggi. Kolestrol jahat atau LDL didalam tubuh di sebabkan oleh lemak jenuh, dan jika berlebihan lemak akan menumpuk serta dapat menghambat aliran darah ke jantung maupun otak. Hal inilah yang bisa menyebabkan serangan stroke terjadi atau bertambah parah.

Memang makanan berminyak begitu lezat untuk dikonsumsi. Tetapi kandungan minyak dan lemak jahat siap mengintai kapan saja dan tidak pernah tahu kapan kadar LDL menjadi berlebihan. Oleh karena itu gorengan juga termasuk salah satu pantangan makanan penderita stroke ringan dan sebaiknya dihindari atau tidak dikonsumsi secara berlebihan demi kesehatan Anda. 


5. Alkohol
Kalau penderita stroke, mungkin tidak banyak yang berpikir untuk minum alkohol. Namun, setelah selesai masa penyembuhan, mungkin saja ini akan dilakukan. Meskipun boleh mengkonsumsi alkohol setelah terserang penyakit stroke ringan, bukan berarti Anda boleh mengkonsumsinya dengan cara yang sama seperti sebelum terserang penyakit. Tetap konsultasikan ke dokter mengenai takaran minuman beralkohol. Karena tekanan darah tinggi dapat meningkat saat minum alkohol dan ini juga menjadi salah satu pemicu terjadinya stroke. 

Melihat pantangan-pantangan makanan penderita stroke ringan tersebut tidak berarti penderita tak bisa makan makanan lezat. Banyak juga makanan yang dianjurkan bagi penderita stroke ringan dan rasanya pun lezat. Misalnya konsumsi sayur seperti bayam dan brokoli, dan untuk buah-buahan seperti apel, pir dan juga jeruk. Tidak hanya diperbolehkan, makanan ini juga sangat baik untuk menunjang kesehatan sekaligus proses pengobatan stroke. 

0 Response to "Hindari Pantangan Makanan Penderita Stroke Ringan Di Bawah Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel