Ini Cara Mengobati Stroke yang Aman Dilakukan

Ini Cara Mengobati Stroke yang Aman Dilakukan - Stroke adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bahkan bisa mematikan. Penyakit stroke dapat terjadi pada golongan usia berapapun. Namun, Anda dapat meminimalisir terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor-faktor resiko yang ada. Sedangkan bagi yang terlanjur menderita, maka dirinya atau keluarganya perlu mengetahui cara mengobati stroke yang aman dilakukan.


Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam pengobatan stroke ini. Selain cara yang tepat, perlu juga menggunakan langkah yang runtut sehingga benar-benar aman dilakukan. Dan berikut ulasan lebih lanjut mengenai pengobatan tersebut. 


1. Tes ke Dokter Terlebih Dahulu
Tes adalah langkah paling awal yang harus dilakukan untuk mengetahui masalah sesungguhnya dan jenis stroke yang diderita pasien. CT scan atau MRI scan pada otak dapat dilakukan lebih lanjut untuk mengevaluasi bagian otak mana yang terkena gejala stroke dan juga untuk menentukan apakah kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh penggumpalan darah atau pecahnya pembuluh darah.

2. Obat-obatan Pilihan
Penyembuhan stroke umumnya dapat dilakukan dengan beberapa metode pengobatan. Jika gejala stroke yang terjadi disebabkan oleh gumpalan darah, obat stroke yang dapat digunakan ialah obat untuk mencairkan darah seperti Heparin, Warfarin (Coumadin), Aspirin atau Klopidogrel (Plavix). Namun, kembali lagi pemilihan obat ini harus disesuaikan gejala dan jenis stroke yang diderita sekaligus tingkatannya.  

Perawatan obat stroke pun harus segara dilakukan dalam jangka waktu 3 sampai 4 setengah jam setelah adanya gejala pertama yang muncul. Biasanya, mengonsumsi takaran kecil aspirin setiap hari dapat membantu. Selain itu, penderita juga harus mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko komplikasi lainnya seperti diabetes, tingkat kolesterol yang tinggi, dan berat badan yang berlebihan.

3. Lakukan Terapi
Terapi ni adalah salah satu cara untuk membantu Anda mempelajari kembali keterampilan yang hilang ketika penyakit ini menyerang bagian otak. Salah satut tujuannya adalah untuk mengembalikan kemandirian dalam berbagai aktivitas tubuh. Tentu saja cara ini sangat membantu sehingga begitu direkomendasikan untuk dijalani.


Hasil penyembuhan atau pemulihan tergantung dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami masing-masing pasien. Para peneliti telah menemukan fakta bahwa orang yang menjalani program terapi stroke bisa sembuh dan kembali normal lebih cepat. Inilah salah satu cara mengobati stroke yang paling aman dilakukan untuk Anda.

4. Pengobatan di Rumah
Pengobatan di rumah bagi para penderita stroke juga penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, perencanaan pengobatan penderita stroke di rumah juga harus sangat diperhatikan. Mulai dari pola makan dan pola hidup yang sehat.

Bagi para penderita stroke, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi makanan seperti membatasi konsumsi garam, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, dan mengatur porsi makanan yang sesuai bagi para penderita stroke. Dengan memperhatikannya, maka pengobatan akan semakin terdukung sehingga proses bisa lebih cepat.

Selain itu pola hidup sehat juga perlu dilakukan bagi para penderita seperti berhenti merokok, minumlah obat-obatan yang diberikan dokter, dan olahraga sesuai arahan dokter. Penting juga dalam hal ini untuk memantau serta selalu mengendalikan tekanan darah, tingkat kolesterol dan diabetes.
Beberapa cara mengobati stroke di atas bisa diterapkan bagi setiap penderita. Ini adalah serangkaian cara yang aman dilakukan, namun juga harus tetap disesuaikan dengan dengan arahan dokter. Selain itu mengikuti pengobatan sesuai gangguan yang diderita juga sangat penting dengan diimbangi pola hidup sehat sekaligus konsumsi berbagai makanan yang tepat. 



0 Response to "Ini Cara Mengobati Stroke yang Aman Dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel