Ini dia Penyebab Umum Gejala Hipertensi Pada Tubuh Anda

mascandev.com - Kasus hipertensi (tekanan darah tinggi) baru-baru ini mengalami peningkatan tajam, seperti yang diungkapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan mencatat setidaknya ada peningkatan dari semula 25,8% pada tahun 2013 menjadi 34,1% pada 2018.
Foto:Healthline.com

Masih belum diketahui secara jelas apa penyebab seseorang mengalami darah tinggi. Pada umumnya, seseorang dikatakan mengalami gejala tersebut ketika tensi darah menunjukkan angka lebih dari 240/90 mmHg. Namun perlu kita ketahui bahwa gejala hipertensi semacam ini terdapat dua jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu hipertensi primer dan sekunder.

Gejala Hipertensi Primer

Hipertensi primer seringkali disebut esensial, kondisi dimana tekanan darah tinggi yang dialami oleh kebanyakan orang belum diketahui penyebabnya secara spesifik. Para ahli menduga bahwa hipertensi primer ini salah satunya disebabkan oleh faktor genetik, yang pada umumnya dialami oleh kalangan usia paruh baya.

Adapun penyebab hipertensi primer secara umum juga disebabkan pula oleh gaya hidup yang tidak sehat, meliputi:

1. Konsumsi garam berlebihan
Garam menjadi salah satu pemicu timbulnya gejala darah tinggi yang berasal dari luar tubuh. Konsumsi berlebihan pada garam dapat memberikan efek pada penumpukan natrium di dalam tubuh, juga dapat melemahkan dinding arteri. Kondisi semacam ini memicu terjadinya peningkatan pada tekanan darah tubuh.

2. Stres dan kurang gerak
Stres yang dialami seseorang dapat menimbulkan peningkatan pada tekanan darah tubuh. Hal ini dipicu oleh lepasnya hormon kortisol, adrenalin, dan norepinefrin ketika masa stress yang kemudian menyebabkan denyut jantung meningkat. Adapun kurangnya dalam melakukan gerakan juga dapat memicu tekanan darah naik, sebab jantung harus memompa darah secara ekstra ketika detak jantung yang terjadi pada orang yang kurang melakukan bergerak cenderung cepat.

3. Obesitas
Obesitas juga merupakan salah satu penyebab mengapa tekanan darah tubuh meningkat. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya darah yang diperlukan guna meregulasi oksigen dan nutrisi ke semua jaringan tubuh.

4.  Merokok
Sebagaimana yang kita ketahui, rokok mengandung dzat yang bernama nikotin. Dzat ini mampu merangsang sistem saraf otak sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah. Oleh karenanya dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh.

5. Minuman keras
Sudah bukan menjadi sesuatu yang aneh, bagaimana minuman keras dapat memicu naiknya tekanan darah. Seseorang yang terbiasa meminum minuman keras dapat merusak organ-organ vital dalam tubuh seperti ginjal dan lainnya, sehingga akan sangat memungkinkan gejala hipertensi ini muncul.

Gejala Hipertensi Sekunder

Berbeda dengan hipertensi primer, gejala ini seringkali datang secara tiba-tiba, dan tekanan yang terjadi bahkan kadang lebih tinggi dari hipertensi primer. Hipertensi jenis sekunder kebanyakan dipicu oleh penyakit dan efek dari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat flu, pil KB, obat nyeri,obat resep, dan sejenisnya. Obat semacam kokain dan amfetamin juga mampu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh.

Adapun salah satu penyakit yang dapat menyebabkan hipertensi sekuler adalah penyakit ginjal. Penyakit satu ini menjadi faktor penyebab resiko darah tinggi yang paling vital, sebab ginjal adalah organ tubuh yang menghasilkan hormon untuk mengatur tekanan darah (renin).

Penyakit lain yang juga sangat beresiko pada tekanan darah tinggi adalah gangguan kelenjar adrenal, sebab organ ini juga berperan dalam menghasilkan hormon yang dapat membantu dalam pengendalian tekanan darah tubuh.

Selain kedua penyakit di atas, ada pula penyakit sleep apnea, kelenjara tiroid dan paratiroid, serta koarktasio aorta.

Walaupun belum dapat dipastikan apa dan bagaimana penyebab hipertensi secara jelas, namun dengan mempertimbangkan gejala-gejala di atas setidaknya Anda telah meminimalisir resiko tekanan darah tinggi pada tubuh Anda.

0 Response to "Ini dia Penyebab Umum Gejala Hipertensi Pada Tubuh Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel