Jenis-Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi

Jenis-Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi - Mengalami darah tinggi atau hipertensi memang agaknya perlu kita lakukan pengobatan sedini mungkin. Sebab penyakit yang satu ini jika dibiarkan dapat menimbulkan resiko fatal, seperti halnya stroke dan serangan jantung. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita mulai mencoba dari sekarang, yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Foto: pinkvilla.com

Jenis-jenis makanan penurun darah tinggi pada tubuh
Kebanyakan orang yang tengah mengalami hipertensi, seringkali tidak memperhatikan pola makan dan hanya mengandalkan pada obat-obatannya. Padahal, makanan sangat berpengaruh terhadap gejala hipertensi. Makanan dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi di samping obat. 


Untuk itu, bagi anda yang tengah mengalami gejala hipertensi, konsumsilah beberapa jenis makanan berikut untuk membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.

1. Buah pisang, berry, dan bit
Pisang memiliki kadar dzat kalium yang cukup tinggi. Demikian juga dengan buah kelompok berry yang mengandung senyawa flavonoid. Sedangkan buah bit mengandung nitrat. Ketiga jenis kandungan ini dapat menetralisir kadar tekanan darah pada saat hipertensi. Dengan mengkonsumsi tiga buah ini dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh.

2. Sayur-mayur
Sayur memang dikenal memiliki khasiat yang melimpah bagi kesehatan tubuh, termasuk mengontrol keseimbangan pada tekanan darah. Sayur hijau seperti sawi dan bayam juga mengandung kalium tinggi yang dapat membantu menurunkan gejala hipertensi. Terlebih sayur hijau juga mengandung kalsium yang mampu memberi khasiat pada penurunan darah tinggi.


3. Yogurt
Yogurt menjadi solusi alternatif bagi Anda yang mengalami kekurangan kalsium, sebab 170 gram yogurt mengandung setidaknya 300 mg kalsium. Dengan demikian, maka akan sangat baik jika dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Karena selain kandungan kalsium, yogurt juga mengandung probiotik yang juga dapat berguna bagi pecegahan hipertensi.

4. Susu skim
Seperti halnya sayur, susu juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Demikian halnya susu skim, kalsium dan lemak rendah yang dikandungnya sangat dibutuhkan untuk menurunkan gejala hipertensi. Belum ditambah dengan kandungan lain yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk membantu meredakan tekanan darah tinggi.

5. Kentang 
Di dalam kentang, terdapat dua dzat kandungan yang sangat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu kalium dan magnesium. Kentang juga mengandung serat yang dibutuhkan tubuh. Sayangnya kentang juga dapat meningkatkan tekanan darah naik jika dalam pengolahan makanannya dicampur dengan garam. Namun, Anda tetap bisa menggunakan kentang untuk menurunkan hipertensi dengan cara direbus atau dipanggang.

6. Ikan
Ada beberapa kandungan di dalam ikan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dua diantaranya yaitu vitamin D dan omega-3. Namun untuk pengolahannya tidak dianjurkan untuk menambahkan garam, karena justru dapat meningkatkan tekanan darah.


7. Cokelat
Memang kelihatannya cokelat tidak begitu berpengaruh bagi kesehatan tubuh, namun di dalamnya terdapat satu kandungan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu flavonoid. Bahkan kandungan ini sangat melimpah pada cokelat, sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang tengah mengalami hipertensi atau mungkin prahipertensi.

Sebenarnya masih ada beberapa makanan lain yang juga dapat membantu menurunkan tekanan gejala darah tinggi pada tubuh, seperti kacang lima, flaxseed, dan oatmeal. Namun dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan di atas, maka sudah cukup membantu Anda untuk meringankan gejala hipertensi. Makanan tersebut bukan menjadi satu-satunya cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sebab di samping itu kadang Anda juga memerlukan obat untuk mengatasi naiknya tekanan darah secarar maksimal.

0 Response to "Jenis-Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel