Kenali Tanda-Tanda Hipertensi Pada Tubuh Anda

Kenali Tanda-Tanda Hipertensi Pada Tubuh AndaHipertensi atau yang biasa kita kenal dengan darah tinggi, memang seperti gejala yang sulit untuk diketahui secara pasti apa penyebabnya. Bahkan tanda-tandanya pun tidak mudah untuk dikenali. Sehingga tidak jarang penderitanya sulit mengidentifikasi mengenai apa yang sedang dialaminya.

Foto: whattoexpect.com

Gejala hipertensi pada umumnya dapat dialami oleh semua kalangan, terutama pada mereka yang masih berusia paruh baya. Meski gejala penyakit ini tidak begitu memberikan efek yang signifikan terhadap aktifitas penderitanya, namun akan sangat berbahaya apabila hal ini dibiarkan terus-menerus. Sebagaimana yang kita ketahui, resiko hipertensi pada tubuh dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah arteri, khususnya pada organ-organ penting di dalam tubuh seperti ginjal dan mata. Selain itu, hipertensi juga dapat memicu terjadi serangan penyakit yang mematikan, seperti halnya stroke dan serangan jantung.

Oleh karenanya sudah sepantasnya kita mewaspadai penyakit yang satu ini. Agar resiko hipertensi dapat kita cegah sedini mungkin, maka perlu adanya perhatian pada tanda-tanda yang dapat memberi kemungkinan bahwa kita mengalami darah tinggi.
Tanda-tanda seseorang mengalami tekanan darah tinggi
Banyak orang belum menyadari akan tanda-tanda atau bahaya dari resiko tekanan darah tinggi. Padahal, penyakit yang satu ini sangat perlu untuk kita cegah agar terhindar dari adanya kemungkinan dampak yang tidak diinginkan. 


Memang gejala hipertensi tidak semuanya memiliki tanda-tanda khusus yang dapat kita pahami. Namun setidaknya ada beberapa tanda-tanda tertentu yang paling sering dialami oleh penderita darah tinggi. Berikut tanda-tanda hipertensi secara umum yang dapat kita pahami.

1. Tensi darah berada di atas 140/90 mmHg
Bagi orang normal, tekanan darah yang dimiliki setidaknya berada pada kisaran angka 120/80 mmHg pada tekanan sistolik dan diastoliknya. Jika lebih dari itu (140/90 mmHg) maka sudah dipastikan bahwa orang tersebut mengalami tekanan darah tinggi.
Tekanan sistolik sendiri merupakan tekanan maksimal ketika jantung berkontraksi, sedangkan tekanan diastolik merupakan tekanan terendah ketika jantung relaksasi.

2. Sakit kepala
Jika seseorang mengalami sakit kepala berlebihan, atau sakit yang tak kunjung reda setelah meminum obat, maka dapat dikatakan bahwa itu adalah bagian dari gejala hipertensi. Jika dites, terkadang tensi menunjukkan hasil yang sangat tinggi, yaitu mampu mencapai 180/120 mmHg.

3. Perut kembung dan susah buang air
Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa hipertensi erat kaitannya dengan ginjal. Pembuluh darah ginjal yang telah rusak sangat memungkinkan dapat berdampak pada penurunan produksi terhadap urin. Alhasil, kondisi seperti itu menyebabkan diabetes, atau sulit buang air kecil dan kadangkala disertai perasaan kembung.

4. Penglihatan mata buram
Mata buram menjadi salah satu tanda seseorang mengalami gejala hipertensi. Sebab yang sedang terjadi adalah adanya kemungkinan bahwa seseorang tersebut mengalami gangguan pembuluh darah pada mata, sehingga menimbulkan pembekakkan.

5. Pusing secara tiba-tiba
Hal yang seringkali terjadi pada penderita hipertensi adalah merasa pusing secara tiba-tiba. Kadangkala perasaan seperti ini juga dibarengi dengan sulitnya menjaga keseimbangan. Namun, gejala ini baru menjadi tanda hipertensi jika seseorang mengalaminya secara terus menerus.

Pada dasarnya, seseorang yang mengalami gejala darah tinggi akan mengalami perasaan pada tubuh yang tidak biasa. Beberapa hal di atas adalah tanda-tanda umum yang setidaknya dapat kita jadikan referensi untuk mengetahui gejala hipertensi pada tubuh kita.
Namun, yang menjadi masalah adalah bahwa hanya sedikit orang yang sadar akan gejala hipertensi pada perasaan yang sedang dialaminya, sehingga tidak jarang bagi mereka yang belum mengetahui akan resiko dari tekanan darah tinggi.

0 Response to "Kenali Tanda-Tanda Hipertensi Pada Tubuh Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel