Ketahui Daftar Makanan untuk Penderita Stroke yang Sehat Dikonsumsi

Ketahui Daftar Makanan untuk Penderita Stroke yang Sehat Dikonsumsi - Untuk menghindari penyakit stroke menjadi lebih parah tentu setiap pasien harus menjaga makanan yang dikonsumsinya. Dalam hal ini, faktanya ada banyak makanan untuk penderita stroke yang sehat dikonsumsi dan sangat direkomendasikan. Beberapa makanan ini tentu juga akan mendukung penyembuhan semakin cepat dan mudah. 


Jika salah satu keluarga Anda ada yang menderita penyakit stroke, maka sangat penting mengetahui daftarnya. Untuk itu, simak ulasan berikut untuk info selengkapnya. 


1. Sayuran dan Buah-Buahan
Siapa yang tidak pernah memakan sayuran, tumbuhan yang mayortias berwarna hijau ini banyak ditemukan sebagai bahan utama dalam masakan di setiap rumah. Terdapat banyak manfaat dari mengonsumsi sayuran terutama untuk penderita stroke.

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan bila mengonsumsi sayuran dan buah-buahan ialah dapat menurunkan kolesterol yang ada pada tubuh. Salah satu alasannya karena sayuran dan buah-buahan banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan banyak mengandung serat yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat yang selanjutnya yang dapat Anda dapatkan ialah dapat mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena sayuran dan buah-buahan banyak mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang akan melawan sel kanker dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.


2. Oatmeal atau Olahan Gandum
Makanan untuk penderita stroke selanjutnya ialah olahan gandum. Oatmeal atau olahan dari bahan utama gandum banyak mengandung nutrisi, kalori, lemak dan juga protein. Kandungan dari oatmeal berkhasiat untuk memenuhi energi ke tubuh yang dapat membantu penyerapan vitamin dan menjaga persediaan cairan dalam tubuh hingga memperbaiki sel jaringan tubuh.

Biji gandum sangat rendah gula yang bagus untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dalam setiap cangkir oatmeal mengandung hingga 6 gram protein yang bagus untuk metabolisme tubuh. Oatmeal atau olahan gandum dapat juga dijadikan untuk menggantikan nasi sebagai pemenuhan karbohidrat dan serat yang sangat mudah untuk dicerna.

Olahan biji gandum juga banyak mengandung serat untuk membantu penyerapan kolesterol yang terkandung dalam darah. Olahan gandum juga bisa berupa roti yang banyak mengandung serat, karbohidrat, vitamin E, protein, omega 3 hingga asam folat. Manfaat dari kandungan roti gandum yaitu omega tiga yang baik untuk meningkatkan peremajaan sel-sel pada otak.

3. Beras Merah
Dalam beras merah banyak terdapat manfaat yang bagus untuk penderita stroke karena beras merah mengandung selenium yang berguna untuk mencegah stroke kembali. Selain itu, beras merah banyak mengandung antioksidan, mangan dan serat. Kandungan mangan dalam beras merah bekerja untuk membantu proses sintesis pada lemak tubuh dan mengaktifkan sistem saraf.


4. Kacang-kacangan
Kacang banyak mengandung kalsium, kalium, magnesium dan vitamin E yang bermanfaat untuk melidungi pembuluh darah pada jantung dari timbunan plak. Salah satu jenis kacang yang bagus untuk penderita stroke adalah kacang almond, jenis kacang ini bermanfaat untuk mengontol kolesterol dalam tubuh.

5. Ikan Salmon
Kalau berbicara mengenai ikan, ikan salmon adalah bahan makanan yang sangat baik untuk para penderita stroke. Dalam hal ini, olahan ikan salmon bermanfaat untuk mengendalikan kandungan kolesterol dalam darah karena ikan salmon banyak mengandung omega 3, DHA dan EPA. Tentu saja dengan ini tidak heran jika ikan salmon sangat direkomendasikan. 
Dari daftar makanan untuk penderita stroke baik penderita atau yang merawatnya bisa memilih mana yang ingin dikonsumsi secara rutin. Namun, pola makan dan jumlah yang dikonsumsi juga harus sesuai sehingga tidak akan menimbulkan masalah selanjutnya.

0 Response to "Ketahui Daftar Makanan untuk Penderita Stroke yang Sehat Dikonsumsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel