Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegah Resiko Hipertensi

Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegah Resiko Hipertensi - Hipertensi memang kerap kali menjadi salah satu penyakit yang sering dialami orang pada umumnya. Penyakit yang satu ini bisa dialami oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Hipertensi merupakan gejala darah tinggi yang masih belum jelas penyebabnya. Namun penyakit ini dapat beresiko tinggi jika dibiarkan, sebab dapat menimbulkan penyakit baru bagi para penderitanya.

Foto: express.co.uk

Ada beberapa tanda yang dapat dikenali untuk memastikan apakah tubuh kita terkena hipertensi atau tidak. Tanda-tanda tersebut dapat dilihat pada postingan sebelumnya. Adapun untuk menghindari penyakit hipertensi ini, setidaknya kita dapat melakukan beberapa hal yang dapat meminimalisir resiko darah tinggi pada tubuh.


Pencegahan resiko darah tinggi pada tubuh
Seringkali penyakit resiko darah tinggi diremehkan oleh banyak kalangan. Padahal penyakit darah tinggi menjadi penyebab utama tingginya angka kematian saat ini. Biasanya penderita baru mengetahui gejala hipertensi setelah mengalaminya. Sehingga kebanyakan dari mereka kesulitan untuk mengatasi gejala tersebut jika sudah terlanjur parah. Namun ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hipertensi pada tubuh kita. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Pola makan yang sehat
Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Khususnya bagi mereka yang sering mengkonsumsi makanan bernatrium tinggi. Sebagai upaya pencegahannya, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengubah pola makan yang lebih sehat. Banyaklah mengkonsumsi makanan mengandung dzat yang tinggi akan kalium dan rendah akan lemak untuk menjaga kebugaran dan tubuh yang ideal.

2. Olahraga secara teratur
Sebagaimana yang kita ketahui, aktifitas berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk pencegahan terhadap hipertensi. Semakin rutin dan teratur dalam melakukan olahraga, maka semakin kecil pula resiko tekanan darah tinggi yang kemungkinan beresiko terjadi. Aktifitas olahraga dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana, seperti lari pagi, senam, maupun permainan lain pada umumnya.

3. Menjaga berat badan
Massa tubuh atau berat badan sangat mempengaruhi resiko hipertensi. Jika seseorang memiliki berat badan yang relatif berat, maka sangat memungkinkan bahwa orang tersebut memiliki peluang resiko hipertensi lebih tinggi dari orang biasanya. Untuk itu, jagalah berat badan ideal sebagaimana mestinya. Lakukan aktifitas-aktifitas dan pola makan yang teratur, sehingga dapat mempengaruhi berat bedan pada tubuh.

4. Kurangi minuman alkohol
Di dalam alkohol, kita akan menemukan adanya kandungan kalori yang cukup tinggi. Kandungan ini besar kemungkinan sangat rentan terhadap resiko darah tinggi. Sebab kandungan kalori tersebut dapat mempengaruhi kerusakan pada ginjal. Maka akan sangat perlu bagi kesehatan tubuh kita jika tidak meminum alkohol.

5. Kurangi kebiasaan merokok
Rokok memiliki banyak kandungan dzat berbahaya bagi tubuh. Kandungan tersebut sering menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, seperti gejala stroke dan serangan jantung. Maka dapat dipastikan rokok juga besar kemungkinan  dapat berimplikasi pada naiknya tekanan darah tubuh.


6. Kendalikan stress
Hampir semua orang tentu mengalami masa dimana ia stres atau banyak mengalami tekanan. Namun, untuk menghindari resiko hipertensi yang diakibatkan oleh stres ini maka sebaiknya kendalikan stres dengan baik. Supaya potensi hipertensi dapat diminimalisir dengan sebagaimana mestinya.

Potensi tubuh kita terhadap serangan penyakit hipertensi bergantung pada bagaimana pola kehidupan sehat yang kita lakukan. Semakin baik kita menjaga pola kehidupan itu, maka resiko penyakit hipertensi dapat ditekan. Namun, agar kita dapat memastikan mengenai tekanan darah pada tubuh kita, sebaiknya rutinlah mengecek tekanan darah. Mengetes tekanan darah secara berkala juga dapat dimaksudkan untuk pencegahan sedini mungkin jika kita mengalami hipertensi dan mengetahuinya sejak awal.

0 Response to "Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegah Resiko Hipertensi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel