Penting! Daftar Gerakan Senam Anti Stroke Untuk Pencegahan

Penting! Daftar Gerakan Senam Anti Stroke Untuk Pencegahan - Mempunyai pola hidup yang sehat sangatlah penting terutama bagi mereka yang mengidap stroke. Salah satunya yakni dengan rutin melakukan olahraga. Senam anti stroke menjadi olahraga yang sangat disarankan. Saat ini, stroke menjadi hal yang sangat rentan tak hanya bagi mereka yang berusia lanjut tapi mereka yang masih remaja pun tidak menutup kemungkinan dapat terserang stroke.


Berbicara lebih jauh, mengenai senam ini, perlu diketahui bahwa di dalamnya tidak sama seperti senam-senam pada umumnya karena terdapat beberapa gerakan yang memang di buat khusus untuk pencegahan stroke. Sebagai bentuk antisipasi mari simak beberapa gerakan senam yang dimaksud  sehingga untuk selanjutnya bisa membawa manfaat yang lebih baik untuk kesehatan Anda.


1. Jinjit
Salah satu gerakan senam anti stroke adalah jijit atau berdiri dengan tumpunan bagian depan telapak kaki. Gerakan ini bisa melatih keseimbangan, karena stroke dapat merusak otak dan melemahkan sistem saraf termasuk pengiriman pesan dari telinga, mata, dan otot. Pesan-pesan ini berperan penting untuk menjaga keseimbangan. 

Lebih jelasnya, pengidap stroke sangat disarankan untuk rutin melatih keseimbangannya dengan gerakan  jinjit. Untuk tahap awal, Anda hanya perlu berpegangan pada kursi. Kemudian, angkat kaki kanan dan gerakkan secara menyilang ke kiri dan sebaliknya. Setelah, terbiasa Anda hanya perlu mengangkat tangan tanpa pegangan apapun.

2. Latihan Pundak
Stroke juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan kekuatan atau fungsi pada lengan bagian atas. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya Anda perlu membiasakan diri dengan gerakan latihan pundak, caranya, letakkan handuk di atas meja. Lakukan gerakan seperti mengelap meja dengan dua tangan. Beri tekanan dan saat handuk digerakkan jauh ke depan, pundak akan tertarik dan merenggang.


Menurut terapis Hoang Tran latihan pundak penting dilakukan bagi mereka yang kehilangan kekuatan atau fungsi pada lengan bagian atas. Hal ini biasa terjadi bagi mereka yang mengidap stroke. Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah berdiri di depan cermin kemudian angkat salah satu sisi pundak dan putar ke belakang. Begitu juga dengan sisi pundak yang lain. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari.

3. Peregangan Tangan 
Gerakan senam anti stroke ini sangat penting untuk kelenturan yakni peregangan tangan. Biasanya, terapis akan mengarahkan pengidap stroke untuk menggerakkan tangan berputar penuh setidaknya tiga kali dalam sehari. Lalu, merenggangkan otot lebih kencang ke titik yang dirasa kurang nyaman. Setelah itu, tahan tarikan hingga 60 detik.

4. Berdiri dengan Satu Kaki
Direkomendasikan oleh Direktur The rehab Practice, Inggris, Richard sealy  terdapat serangkaian latihan untuk membantu menguatkan kaki dan meningkatkan gerakan selama proses pemulihan. Posisi seperti berdiri dan menjaga keseimbangan merupakan latihan vital yang mampu meningkatkan kualitas hidup. Sambil berpegangan cobalah berdiri dengan salah satu kaki diayunkan.

5. Latihan Kaki Sembari Duduk
Gerakan yang baik untuk mengembalikan energi gerak yaitu melatih kaki dengan intensitas tinggi. Gerakan latihan kaki ini dapat dilakukan sambil duduk. Selain itu, Anda bisa mencoba melipat kaki, kemudian mengangkatnya hingga tekan ke bagian perut dan ulangi seanyak 10 kali. Gerakan lain yang dapat dilakukan adalah mengangkat kaki hingga lurus, menggerakkan kaki menyilang, melipat kaki tidak sampai menempel ke perut. 


Beberapa gerakan senam anti stroke di atas bisa Anda perhatikan lebih jauh dan diterapkan sebagai bentuk upaya pencegahan penyakit stroke. Gerakannya sangat mudah, tidak menyita banyak waktu dan bisa Anda lakukan sendiri secara rutin di rumah. 



0 Response to "Penting! Daftar Gerakan Senam Anti Stroke Untuk Pencegahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel