Penyebab Stroke Ringan Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Stroke Ringan Yang Harus Diwaspadai - Stroke menjadi pembunuh nomer satu di dunia. Penyakit ini menyerang baik orang berusia tua maupun muda. Namun dengan mengetahui penyebab stroke ringan dapat membuat kita berhati-hati dan dapat menghindari penyakit ini. Berikut ini beberapa informasi yang bisa menjadi pertimbangan anda agar terhindar dari penyakit stroke ringan.

Foto; Google Images

1. Merokok
Rokok merupakan kebiasaan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Setiap hari puluhan batang rokok habis dihisap bahkan oleh seorang individu. Padahal sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam sebatang rokok saja banyak terdapat ribuan jenis racun yang siap mencari korban setiap harinya.
Kandungan dalam tembakau terutama nikotin dapat menjadi penyebab tersumbatnya aliran darah seseorang. Hal ini karena nikotin yang terkandung dalam tembakau menumpuk dan menimbulkan plak dalam pembuluh darah perokok. Akibatnya adalah kinerja jantung dalam menyuplai darah keseluruh tubuh akan terganggu.

2. Obesitas
Obesitas menjadi penyebab stroke yang paling sering terjadi di dunia. Hal ini terjadi karena para penderita obesitas biasanya mengalami penyempitan pembuluh darah disebabkan oleh tekanan dari lemak dalam tubuh. Bagi penderita obesitas proses peredaran darah ke otak biasanya mengalami gangguan sehingga membuat Ia mengalami gejala stroke ringan. 
Proses terjadinya obesitas yang menyebabkan gangguan penyakit stroke ringan adalah kolestrol tertumpuk di dalam darah yang menyebabkan timbulnya plak pada pembuluh darah. Hal ini dapat menjadi penyebab stroke di usia muda. Dikarenakan timbunan plak yang menutup pembuluh darah maka terjadilah penyempitan pembuluh darah yang harus segera ditangani.

Baca Juga : Berikut ini beberapa cara mencegah Stroke.

3. Kurangnya Olahraga
Olahraga menjadi faktor penting agar kita terhindar dari gangguan stroke ringan. Hal ini karena dengan berolahraga menjadikan kalori dalam tubuh terbakar sehingga memperlancar sistem peredaran darah. Selain itu dengan berolahraga dapat melatih detak jantung menjadi lebih harmoni sehingga jantung lebih kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
Menurunnya kinerja jantung dapat mempengaruhi suplai oksigen ke otak yang bisa menjadi salah satu penyebab stroke ringan menjangkiti seseorang. Olahraga merupakan salah satu alternatif dalam menjalankan pola hidup sehat yang mudah dan murah. Dimana pun dan kapan pun kita dapat melakukan kegiatan tersebut.

4. Faktor Genetik
Orang yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit stroke akan lebih mudah dan memiliki presentasi lebih tinggi terkena penyakit yang sama di kemudian hari. Menurut riset medis, salah satu yang menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke adalah faktor keturunan. Hal ini bisa muncul baik dari seorang ayah ataupun ibu.
Mengingat akan hal ini, tentu setiap orang yang merasa memiliki orang tua maupun kakek nenek dengan riwayat stroke harus lebih barhati-hati. Setiap upaya pencegahan dan pola hidup yang lebih baik perlu diterapkan. Dengan usaha yang maksimal, tentu setidaknya risiko Anda mengidap  penyakit yang sama akan lebih rendah di masa mendatang. 

5. Tekanan Darah Tinggi
Peningkatan tekanan darah seseorang selain dari tingkat stress juga bisa dipengaruhi oleh faktor usia. Biasanya orang yang mengalami tekanan darah tinggi akan sangat mudah untuk terjangkiti penyakit stroke ringan. Hal ini mengingat kemungkinan buruk yang mungkin terjadi dikarenakan tingginya tekanan darah seseorang adalah pecahnya pembuluh darah.
Beberapa tahun ini penyakit stroke memang menghawatirkan. Biasanya penyakit stroke yang parah akan diawali dengan stroke ringan. Karena itulah, sangat penting mengenali penyebab stroke ringan secara umum. Sedangkan untuk pencegahannya, salah satu aspek penting yang harus menjadi perhatian khusus tentu adalah menjaga pola hidup sehat sekaligus kesehatan rohani. 

0 Response to "Penyebab Stroke Ringan Yang Harus Diwaspadai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel