Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke Ringan Yang Bisa Diterapkan

Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke Ringan Yang Bisa Diterapkan - Stroke ringan memiliki pengertian yang hampir sama dengan stroke secara umum, yaitu kondisi saat tubuh seseorang mengalami penyumbatan  atau pecahnya aliran darah di otak. Hanya saja stroke ringan tergolong gangguan yang tidak separah stroke yang benar-benar parah. Dalam hal ini perlu diketahui juga bahwa ketika mulai terserang, penderita sangat penting mendapatkan pertolongan pertama pada gejala stroke ringan dengan berbagai tujuan. Salah satu tujuannya adalah  tidak memperburuk kondisi.


Beberapa pertolongan ini sangat penting diketahui berbagai kalangan. Salah satu alasannya adalah karena serangan ini biasanya tiba-tiba terjadi. Sehingga, kalian yang berada di dekat orang yang terkena stroke tersebut bisa langsung menerapkan pertolongan pertama yang benar dan hal itu akan sangat membantu penderita. Nah, berikut ini beberapa pertolongan pertama yang bisa diterapkan.


1. Jangan Dipindahkan
Biasanya, karena panik seseorang akan berusaha memindahkan penderita ke tempat yang dianggap lebih nyaman. Namun, faktanya saat Anda menemui orang yang tiba-tiba terkena stroke ringan, memindahkan penderita tersebut dari tempat semulanya dapat membuat kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus yang ada di otak semakin cepat dan tentunya akan menimbulkan risiko. Anda cukup membantu dengan mengambilkan posisi untuk duduk supaya tidak terjatuh lagi.

2. Memposisikan Pada Tempat  Yang Aman
Pada saat menyandarkan, usahakan Anda memberikan posisi yang sangat nyaman. Agar tubuh dan peredaran darah penderita tidak mengalami gangguan. Usahakan untuk tetap menenangkan penderita sehingga tetap bisa bernafas dengan lancar. Dalam situasi ini, posisi yang nyaman tidak akan memperburuk kondisi penderita tersebut. Dengan posisi yang nyaman, penderita akan merasa semakin terjaga, lebih tenang dan kemungkinan kondisi ini teratasi akan lebih tinggi. 

3. Memberikan Air Minum
Selanjutnya pertolongan pertama pada gejala stroke ringan adalah memberikan segelas air putih kepada penderita supaya membantu penderita terhindar dari dehidrasi. Apabila penderita mengalami dehidrasi maka akan menghambat peredaran darah menuju ke otak dan menyebabkan pasokan oksigen menuju syaraf otak tidak maksimal, sehingga dapat memperburuk kondisi penderita.


4. Tari-tarik dan Tusuk 
Apabila Anda melihat mulut pengidap terlihat kurang normal, Anda harus menarik-narik telinga penderita tersebut sampai agak kemerahan. Kemudian, lakukan tusukan pada ujung bawah telinga sebanyak dua kali dengan jarum kecil yang sudah distrerilkan, hingga darah menetes dua kali dari masing-masing daun telinga. Dengan ini, beberapa menit kemudian mulut penderita akan kembali normal.

5. Menusuk Ujung Jari Dengan Jarum
Selain itu, Anda dapat menggunakan jarum suntik atau jarum lain yang tidak terlalu besar(seperti jarum jahit atau jarum pentul) yang sudah disterilkan dengan cara di bakar. Yang harus di tusuk yakni sekitar 1 milimeter dari ujung kuku. Upayakan tidak terdapat tetesan darah walaupun hanya setetes. Apabila tidak bisa, tekan jari-jari penderita tersebut. Biasanya beberapa menit kemudian penderita akan sadar kembali.


Jadi, ketika Anda melihat orang yang terkena stroke ringan jangan di biarkan. Meskipun dikatakan stroke ringan, sebaiknya langsung ditangani walapun hanya berlangsung beberapa menit supaya tidak menyebabkan kerusakan. Karena ada yang berawal dari stroke ringan menjadi stroke yang serius.

Beberapa langkah-langkah pertolongan pertama pada gejala stroke ringan  harus diperhatikan dengan baik untuk memaksimalkan penanganan yang harus dilakukan secara spontan oleh siapa pun. Apabila penderita belum benar-benar pulih, sebaiknya  penderita melakukan konsultasi kepada dokter. Supaya lekas ditangani jika memang ada hal-hal yang tidak wajar dan harus di bawa ke rumah sakit.

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke Ringan Yang Bisa Diterapkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel