5 Motif Batik Khas Bali

5 Motif Batik Khas Bali - Selain kota Pekalongan yang memiliki khas batiknya, baru-baru ini Bali juga mulai berkembang Batiknya. Apalagi Bali merupakan kota wisata, yang banyak dikunjungi bukan hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara. 


Hal ini berdampak pada industri batik di Bali yang semakin banyak memproduksi batik Bali yang khusus diperkenalkan ke wisatawan yang berasal dari berbagai negara. Tidak heran jika banyak masyarakat di Bali yang kreatif, karena di Bali selalu memiliki peluang sebagai kota wisata dengan beraneka ragam budaya di dalamnya.

Motif Batik di Bali sangat khas, dalam setiap pembuatannya, motif batik khas bali memiliki ciri khas yang berbeda dengan batik lainnya. Perlu diketahui kalau aksen yang diberikan pada motif batik khas Bali itu tidak sama besar satu sama lainnya. 

Baca Juga :

Perpaduan motif tradisional dan modern menjadi satu dalam Batik bali. Oleh karena itu motif batik khas bali sangat indah, apalagi kalau sudah dipakai. Berikut ini beberapa motif batik di bali yang perlu kamu ketahui.

1. Motif Batik Bali Buketan
Motif batik khas Bali yang pertama yaitu Buketan, nama ini diambil dari bahasa Perancis yang berarti sekat bunga. Sesuai dengan namanya Motif Batik Buketan ini memiliki motif berupa tanaman bunga atau tumbuhan kecil yang ada pada batik Bali. Terdapat pula hiasan tambahan seperti kupu-kupu dan berbagai jenis burung untuk menambah nilai artistik pada batik tersebut.

2. Motif Batik Bali Ulamsari Mas
Corak pada Motif Batik Ulamsari Mas ini lebih terkesan apik, karena menampilkan gambar udang dan juga ikan. Motif tersebut menggambarkan ragamnya kekayaan alam yang ada di Bali. Hal itu juga bisa memberitahu kepada masyarakat secara luas bahwa bali tidak hanya tempat untuk berwisata atau berlibur. 

Selain itu, Bali juga sangat kaya akan sumber daya alam, khususnya sumber daya alam laut. Melalui batik motif inilah para pengrajin batik di bali bisa menyampaikan itu semua kepada semua orang yang memakainya maupun yang melihatnya.

3. Motif Batik Bali Singa Barong
Motif Batik Singa Barong merupakan motif batik yang menggambarkan kebudayaan masyarakat di bali. Motif batik ini menunjukkan keunikan dan keragaman budaya di Bali. Semakin banyak orang yang membeli dan menggunakan batik ini, maka batik ini akan memberikan kejelasan akan kebudayaan bali yang semakin dikenal oleh banyak orang. Hal ini sengaja dilakukan agar budaya Singa Barong terus diingat oleh para generasi penerus dan dikenal oleh masyarakat luas dari motif batik khas Bali Singa Barong.

4. Motif Batik Bali Penari Bali
Motif batik yang satu ini pasti banyak yang suka. Pengrajin batik di bali juga ingin mengenalkan tarian bali yang terkenal itu melalui motif batik. Biar orang tidak hanya sekedar tau tari kecak saja, namun tari tersebut tergambar jelas di batik khas Bali. Motif Batik Penari Bali ini menggambarkan seorang penari wanita yang sedang memperagakan salah satu gerakan tarian kecak khas bali. 

5. Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai
Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai adalah motif batik khas Bali yang menggambarkan keindahan burung Merak sebagai poros corak utama pada kain dan disertai oleh hiasan kelopak menyerupai bunga sakura. Tahukah Anda, bahwa Motif Batik Merak Abyorhokokai ini dipengaruhi oleh kebudayaan Jepang, sehingga motif batik ini memberikan kesan yang modern bagi para pecinta batik.


0 Response to "5 Motif Batik Khas Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel