Lakukan 4 Hal Ini Untuk Jaga Tekanan Darah Anda Tetap Normal

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Jaga Tekanan Darah Anda Tetap Normal - Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh kebanyak orang adalah hipertensi. Sebuah penyakit dimana seseorang tengah mengalami tekanan darah tinggi. Pada umumnya, tekanan darah dikatakan tinggi apabila tensi darah yang dimiliki seseorang menunjukkan angka 140/90 mmHg. Gejala ini dapat dialami oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.
Sayangnya, tidak semua orang tahu mengenai gejala yang satu ini. Tanda-tanda dari hipertensi sendiri memang tidak begitu nampak secara jelas apabila dilihat dari fisiknya. Namun akan sangat terasa jika hipertensi ini telah berlangsung sejak lama.


4 hal yang harus dilakukan untuk menghindari hipertensi
Sampai saat ini, penyebab hipertensi pada seseorang belum diketahui spesifiknya secara jelas, terutama hipertensi jenis primer. Namun, bukan berarti gejala hipertensi tidak dapat dicegah. Setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari diri dari gejala tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Kenali Tanda-Tanda Hipertensi Pada Tubuh Anda

1. Banyak/aktif bergerak
Pola atau gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup dan juga kesehatan tubuh. Termasuk perubahan yang dilakukan di setiap harinya, menjadi langkah penting untuk mengatur tekanan darah tubuh. Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan tertentu yang sangat dianjurkan untuk dihindari, yaitu malas bergerak atau sedikit melakukan gerakan.

Mengapa hal ini sangat penting? Aktivitas yang dilakukan seseorang mampu mengatur kadar tekanan darah tubuh, semakin aktif melakukan gerakan, maka memungkinkan tekanan darah dapat terkontrol dengan baik. Namun sebaliknya, melakukan gerakan atau aktivitas secara berlebihan justru dapat menyebabkan tekanan darah naik, sebab jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya. Jadi, ada baiknya jika kita melakukan gerakan melalui pekerjaan secukupnya saja.

Baca Juga : Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegah Resiko Hipertensi

2. Hindari stres
Stres menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Oleh karenanya sangat memungkinkan dapat membuat tekanan darah naik. Selain itu, keadaan stres pada seseorang juga dapat memicu kebiasaan dan tindakan yang tidak sehat. Untuk itu, sebaiknya jagalah cara berpikir kita, jangan sampai terlalu banyak berpikir justru membuat kita stres hingga menyebabkan tubuh mengalami hipertensi.

3. Rutin olahraga
Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga tekanan darah tubuh. Bahkan hampir semua orang dianjurkan untuk berolahraga walaupun hanya satu kali dalam seminggu. Dengan berolahraga, kita dapat menghindari banyak hal yang dapat menyebabkan hipertensi, seperti obesitas.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari tekanan darah tinggi ketika berolahraga. Umumnya, seseorang melakukan aktivitas sederhana dalam berolahraga untuk mengatur kesehatan tubuhnya,, seperti senam, lari pagi, berenang, bersepeda, dan lainnya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi

4. Masak makanan sendiri
Mungkin bagian ini tidak begitu penting bagi Anda, sebab masakan sendiri maupun masakan orang lain tidak terlalu mempengaruhi tekanan darah tubuh jika jenis makanannya sesuai. Tapi sempatkan Anda mengecek dengan teliti ketika mengkonsumsi makanan yang bukan dari masakan Anda? Masakan yang Anda tidak tahu apakah itu aman atau tidak?

0 Response to "Lakukan 4 Hal Ini Untuk Jaga Tekanan Darah Anda Tetap Normal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel