Laris Manisnya Kos-Kosan Sepanjang Tahun

Laris Manisnya Kos-Kosan Sepanjang Tahun - Menabung jangka panjang sangatlah diperlukan untuk hidup di era yang serba naik setiap tahunnya, maka Anda harus jeli melihat kesempatan yang ada di depan mata. Usaha kos memang cocok dijadikan investasi masa tua namun harus memperhatikan beberapa poin penting agar Anda tidak terjebak dalam kumparan gali lubang tutup lubang. 


1. Pertimbangan Usaha Kos dibanding Usaha Hotel
Anda yang memiliki dana besar dan ingin menabung jangka panjang bisa membeli sebidang tanah kosong dan dibangun rumah bentuk kos atau Anda bisa membeli kos yang telah ada dan merawatnya saja. Berbeda jika Anda mengalokasikan dana untuk membangun hotel karena pengeluaranya bisa 2 kali lipat dibanding kos.
  • Kos biasa lebih murah untuk semua kalangan sedangkan hotel hanya cukup menginap beberapa hari saja namun biaya sudah cukup besar.
  • Musiman. Kos akan terus ramai diminati selama ada mahasiswa, pelajar atau pekerja sedangkan hotel hanya musim liburan yang ramai dibooking di hari biasa cukup sepi.
  • Usaha kos tidak memerlukan karyawan banyak seperti pada usaha perhotelan. Hal ini membuat Anda harus mengeluarkan cost untuk menggaji mereka.
  • Usaha kos perawatannya lebih sedikit dibanding dengan perawatan hotel.
  • Meskipun kos sedikit dan lama balik modalnya namun lebih baik karena jangkanya panjang sedangkan usaha perhotelan jika tidak pintar mencari tamu maka bisa gulung tikar. 

2. Poin Plus Usaha Kos
Merintis usaha kos tidaklah mudah namun mengasyikan, tetapi hampir 80% orang lebih menekuni bentuk kos biasa ketimbang kos eksklusif. Kos biasa menjanjikan ramai penyewa asalkan fasilitasnya terpenuhi dengan baik. Ada sebuah kos per bulannya bekisar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 dengan fasilitas kamar mandi dalam, free wifi, dan kasur. Estimasinya Anda bisa hitung, misalkan saja Anda memiliki kamar kos 20 buah dan semuanya penuh dengan tarif Rp. 300.000/bulan. 
Maka, 12 bulan x 20 kamar x Rp. 300.000 = Rp. 72.000.000

Anda tidak perlu membandrol mahal tarif kos, yang lebih diutamakan adalah penuhnya penyewa dan keteraturan membayar kos setiap bulannya. Anda juga harus memperhatikan kondisi kos dan listrik, jika atap bocor segera dibenahi, listrik sebaiknya diberi daya yang bisa mencakup 20 kamar.

Baca Juga :

 3. Poin Minus Usaha Kos
Ada hal yang mungkin Anda harus waspadai saat merintis usaha kos, yaitu penyewa yang nakal dan telat membayar, rusaknya fasilitas di dalam kamar karena penyewa yang sembarangan, penyewa yang tidak taat dengan tata tertib kos. Hal itu akan berpengaruh terhadap tetangga kamar dan bisa jadi penurunan jumlah penyewa kos.

Usaha kos memanglah dirasa kurang menguntungkan dibanding dengan usaha perhotelan tetapi Anda bisa menekuni untuk masa tua, dan berbagai sumber yang telah membuktikan usaha kos semakin tahun semakin dicari.

0 Response to "Laris Manisnya Kos-Kosan Sepanjang Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel