Makanan Ini Perlu Anda Hindari Sebagai Penderita Hipertensi atau Darah Tinggi

Makanan Ini Perlu Anda Hindari Sebagai Penderita Hipertensi Atau Darah Tinggi - Berbicara mengenai hipertensi memang seperti tidak pernah absen dari siapapun, sebab siapa saja dapat mengalami tekanan darah tinggi. Kalau kita sempat atau bahkan sedang mengalami penyakit yang satu ini, mungkin hal pertama yang akan kita tanyakan adalah tentang bagaimana kita dapat mengatasi atau mengobatinya.

Foto: theconversation.com

Tidak jarang seseorang yang berpikir bahwa penyakit hipertensi dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi tahukah Anda bahwa tekanan darah tinggi ini muncul karena suatu penyebab tertentu? Dapat dipastikan jika kita terus mendapati penyebab itu maka hipertensi ini tidak akan ada habisnya kecuali semakin bertambah parah.


Makanan yang harus dihindari ketika mengalami tekanan darah tinggi
Ada beberapa penyebab yang dapat membuat tekanan darah naik, baik dari faktor dalam maupun luar. Namun yang paling banyak dialami oleh penderita darah tinggi adalah faktor dari luar, seperti makanan yang dikonsumsi. Makanan memang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh, termasuk gejala darah tinggi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dihindari ketika Anda sedang mengalami hipertensi.

1. Garam
Salah satu dzat yang sangat sensitif terhadap tekanan darah pada tubuh adalah natrium. Garam menjadi salah satu jenis bumbu makanan yang dapat membuat tekanan darah naik atau bahkan memperparah gejala hipertensi.

Sayangnya garam merupakan bumbu yang seringkali dipakai dalam setiap makanan tertentu. Kadang kala garam juga menjadi bumbu pokok dari sebuah masakan. Sehingga dengan demikian akan cenderung sulit untuk dihindari, terutama dalam jangka yang relatif panjang.

Jadi, untuk menghindari tekanan darah yang berpotensi naik sebaiknya hindari garam, atau jika memang sulit setidaknya bisa meminimalisir dalam penggunaannya.

2. Gula
Pada umumnya, seseorang hanya mengira bahwa dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Padahal, kelebihan kadar gula di dalam tubuh juga berpotensi pada naiknya tekanan darah. 

Mengapa? Kelebihan berat badan sangat mempengaruhi tekanan darah seseorang, sehingga obesitas yang diakibatkan oleh banyaknya kandungan gula di dalam tubuh akan menyebabkan seseorang mengalami hipertensi.


Maka, untuk menghindari gejala hipertensi ini, konsumsilah gula tidak lebih dari 24 gram untuk wanita dan 36 gram untuk pria dalam setiap harinya.

3. Lemak
Selain garam dan gula, lemak juga menjadi salah satu dzat yang semestinya dihindari bagi para penderita hipertensi, khususnya lemak jenuh. Sebab lemak ini dapat meningkatkan kolesterol jahat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Sebagaimana kita ketahui, kolesterol jahat atau low-density lipoprotein yang meningkat dapat menyebabkan tekanan darah pada tubuh ikut meningkat. Untuk pencegahannya, gantilah konsumsi lemak jenuh yang bersifat hewani ke lemak yang bersifat nabati, seperti kacang almond, minyak zaitun, dan buah alpukat.

4. Alkohol
Alkohol dikenal sebagai dzat yang seringkali dapat merusak kesehatan tubuh. Terdapat berbagai macam organ tubuh yang dapat  rusak karena alkohol. Begitu juga dengan tekanan darah. Meminum alkohol dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan tekanan darah melonjak, sedangkan meminum alkohol yang terlalu sering dapat meningkatkan tekanan darah meningkat dalam jangka waktu yang panjang.


Hipertensi sangat perlu untuk diobati sesegera mungkin. Sebab naiknya tekanan darah pada tubuh sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup. Dengan menghindari beberapa jenis makanan atau minuman di atas setidaknya Anda telah mempersempit peluang munculnya hipertensi pada tubuh.

Namun, jika Anda sedang mengalami hipertensi, berhentilah mengkonsumsi makanan atau minuman di atas untuk sementara waktu sampai darah tinggi pada tubuh Anda menurun. Baru setelah itu, Anda dapat mengkonsumsinya kembali namun dengan jumlah yang lebih sedikit/secukupnya.

0 Response to "Makanan Ini Perlu Anda Hindari Sebagai Penderita Hipertensi atau Darah Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel