Makna Gelang Tridatu bagi Masyarakat Hindu di Bali

Makna Gelang Tridatu bagi Masyarakat Hindu di Bali - Makna Gelang Tridatu bagi Masyarakat Hindu di Bali - Budaya di Bali memang unik dan menggelitik, bahkan keunikan masyarakat di Bali dapat dilihat dari sekian banyak kebudayaan dan tradisi mereka. Salah satu yang akan dibahas berikut adalah kebiasaan masyarakat, khususnya masyarakat Hindu di Bali dalam mengenakan gelang tri datu khas Bali. 


Gelang ini sebenarnya merupakan gelang biasa yang hanya tercipta dari benang. Namun eksistensi gelang tri datu tersebut sangat penting bagi masyarakat Bali, karena bagi mereka gelang tersebut bukanlah aksesoris biasa, tetapi punya makna sarat dengan kesan spiritual.

Keberadaan gelang tri datu menjadi salah satu identitas khas bagi penduduk Bali, karena pemakainya sebagian besar adalah masyarakat Hindu di Bali. Tidak jarang juga masyarakat Bali yang bukan beragama Hindu juga ikut memakai gelang tri datu khas Bali di di antara lengannya.

1. Makna Spiritual Gelang Tri Datu Khas Bali
Bali memang menjadi tempat yang sarat dengan makna spiritual, termasuk gelang tri datu yang ternyata memiliki makna tiga kekuatan. Tiga kekuatan itu adalah entitas utama yang terdapat dalam agama Hindu, yaitu Dewa Brahma, Dewa Siwa, dan juga Dewa Wisnu. Ketiga entitas itu diwakili oleh tiga warna pada gelang, yaitu warna merah, hitam, dan putih. Oleh sebab itu, pemakaian gelang tri datu oleh masyarakat Hindu Bali, adalah wujud dari aktualisasi diri atas keyakinan mereka.

Baca Juga : 

Dalam memakai gelang tri datu khas Bali juga tidak boleh sembarangan karena gelang ini arus dipakai saling mengikat satu sama lain, dan Anda juga tidak boleh meggunakan gelang tri datu dengan terurai begitu saja. Di samping itu, format ikatan pada gelang tri datu khas Bali ini pun tidak sama yang digunakan pada jalinan rambut.

2. Gelang Tri Datu Khas Bali Bagian Sarana Upacara Keagamaan Hindu
Karena gelang tri datu mempunyai makna yang mendalam maka gelang khas Bali ini juga kerap dikenakan oleh masyarakat Bali saat mengadakan upacara keagamaan. Bahkan saat ini hampir semua acara keagamaan di Bali disertai dengan pemakaian gelang tri datu.

Di samping itu, masyarakat Bali juga tidak perlu membeli gelang ini, karena biasanya gelang ini adalah bagian dari sarana upacara keagamaan yang dierahkan oleh sejumlah pura. Seiring dengan tren yang berkembang di masyarakat, pura beda di Bali mengikuti tahapan yang juga sama. 

Mereka juga turut menyerahkan gelang tri datu untuk para pengunjung yang datang untuk beribadah. Seperti dengan khasnya yang dulu. Meski gelang ini dipakai untuk ibadah umat hindu, namun pemakaian gelang ini sudah menjadi khas Bali, jadi untuk pengikut agama lain juga diizinkan menggunakan gelang tri datu khas Bali.

Hanya saja, dalam pemakaiannya, mesti dilaksanakan dengan tepat. Sebagai contoh, mengenakan gelang tri datu bukan di kaki, karena akan menjadi salah satu format pelecehan pada simbol agama untuk masyarakat Hindu. Namun gunakan di tangan.

Baca Juga : 

Untuk Anda yang suka dengan gelang tri datu ini, Anda juga bisa membawanya untuk oleh-oleh bagi keluarga besar, tetangga, dan juga teman-teman Anda. Di Bali ada banyak yang menjual gelang tri datu yang bisa Anda temukan. Anda memang mendapatkan secara Cuma-Cuma di pura, namun sebagai alternative lain Anda bisa membelinya di toko souvenir di Bali.

Nah, itulah informasi seputar Makna Gelang Tridatu bagi Masyarakat Hindu di Bali. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan menamwah pengetahuan kita bersama terima kasih sudah berkunjung jangan lupa pindah ke halaman berikutnya untuk mengetahui apa saja keunikan-keunikan yang ada di Bali. 

0 Response to "Makna Gelang Tridatu bagi Masyarakat Hindu di Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel