Tahukah Anda Bahwa Tekanan Darah Menurun Bukan Berarti Hipertensi Sembuh?

Tahukah Anda Bahwa Tekanan Darah Menurun Bukan Berarti Hipertensi Sembuh? - Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi merupakan kondisi dimana tensi darah seseorang mencapai 140/90 mmHg. Gejala-gejala yang timbul pada kondisi semacam ini tidak begitu terlihat secara spesifik. Hal ini tentu membuat penderita seringkali tidak mengetaui akan hipertensi yang sedang dialaminya.


Memang agaknya gejala ini tidak begitu berdampak pada kesehatan tubuh, sebab efek dari hipertensi sendiri cenderung tidak jelas apabila dilihat secara fisik. Namun, realitasnya hipertensi secara diam-diam dapat merusak pembuluh darah di dalam tubuh. Ahasil kondisi ini sangat mengancam terhadap kesehatan tubuh.

Faktor Gejala Hipertensi
Sebenarnya, penyakit darah tinggi atau hipertensi bukanlah penyakit yang dapat timbul dengan sendirinya, melaikan ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya, seperti penyakit pada jantung dan ginjal.

Sederhananya, penyakit hipertensi dapat disembuhkan dengan cara mengobati akar penyebabnya. Seandainya hipertensi yang dialami seseorang disebabkan oleh penyakit yang dapat disembukan, maka akan sangat memungkinkan hipertensi juga dapat ikut disembuhkan.

Sayangnya, hal tersebut hanya dapat dilakukan jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi jenis sekunder. Padahal, hampir 90% tekanan darah tinggi yang dialami oleh seseorang adalah hipertensi yang berjenis primer.

Hipertensi primer sendiri adalah gejala yang sebagian besar disebabkan oleh faktor keturunan (genetik). Adapun selain itu terkadang juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Jadi dapat dikatakan bahwa hipertensi primer ini tidak dapat disembuhkan berdasarkan akar penyebabnya, sebab sesuatu yang berasal dari faktor keturunan sangat kecil kemungkinan untuk dapat dicegah atau diatasi.

Baca Juga : 

Namun, bukan berarti hal tersebut akan terjadi terus menerus. Setidaknya seseorang dapat mengendalikan faktor-faktor penyebab semacam itu, atau paling tidak meminimalisirnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menurunnya darah tinggi yang berjenis primer pada seseorang bukan menjadi indikator bahwa hipertensi yang dideritanya sembuh.

Mengapa hal itu bisa terjadi? 
Pada kasusnya, seseorang yang memiliki penyakit hipertensi akibat faktor-faktor yang bersifat primer, besar kemungkinan tidak dapat disembuhkan secara total. Sebab, seseorang tersebut hanya bisa mengendaikan sebagaimana mestinya. Walaupun darah tinggi yang dialaminya menurun, belum tentu hipertensi primer yang dialaminya sembuh. Sebab, tekanan darah sewaktu-waktu dapat naik kembali apabila seserang tidak mengendalikan gaya hidup dan kesehatan tubuhnya.

Apakah hipertensi dapat disembuhkan?
Belum tentu! Dari pemaparan di atas sudah dapat disimpulkan mengenai status kesembuhan hipertensi. 

Pertama, apabila hipertensi yang dialami seseorang adalah tekanan darah tinggi yang bersifat sekunder atau disebabkan oleh faktor-faktor non-genetik, tentu dengan cara mengobati sumber gejala atau penyakit yang menjadi penyabab hipertensi membuat tekanan darah tinggi dapat menurun (sembuh) dengan sendirinya.

Kedua, hipertensi yang diakibatkan oleh faktor-faktor genetik, maka sangat memungkinkan seseorang hanya dapat mengendalikan atau meminimalisirnya. Hipertensi primer adalah tekanan darah tinggi yang sulit untuk disembuhkan, bahkan tidak dapat sembuh jika seseorang tidak mampu mengendalikannya secara intens.

Bagaimana cara mengobati (mengontrol) hipertensi?
Hipertensi merupakan salah satu gejala yang belum ditemukan obat penyembuhnya. Walaupun begitu, ada beberapa obat yang dapat membantu seseorang agar lebih mudah mengendalikan hipertensi, sekalipun regulasi obat yang dikonsumsi terkadang harus bergulir secara terus menerus.

Adapun selain mengkonsumsi obat-obatan, hipertensi juga dapat dikontrol dengan cara merubah gaya hidup. Penderita dapat melakukan banyak hal untuk meminimalisir hipertensi, seperti rutin berolahraga, mengurangi makanan yang mengandung garam positif, tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol, serta mangatur massa tubuh atau menjaga berat badan tetap ideal.

0 Response to "Tahukah Anda Bahwa Tekanan Darah Menurun Bukan Berarti Hipertensi Sembuh?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel